Share This Article:

Tantangan Makanan Khas Daerah

Indonesia mempunyai berbagai macam suku dan budaya dari Sabang sampai Marauke, makanan tradisional/khas adalah makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat tertentu, dengan citarasa khas yang diterima oleh masyarakat tersebut seperti dari daerah Yogyakarta, Padang, Solo, Manado, JAkarta dan lain lain  . Bagi masyarakat Indonesia umumnya amat diyakini khasiat, aneka pangan tradisional, seperti tempe, tahu, bawang putih, madu, temulawak, gado-gado, kacang hijau, ikan laut, ikan darat dan lain lain. Karena disamping khasiat, makanan tradisional Indonesia juga mengandung segi posittif yang lain seperti: Bahan-bahan yang alami, bergizi tinggi, sehat dan aman, murah dan mudah didapat, sesuai dengan selera masyarakat sehingga diyakini punya potensi yang baik sebagai makanan

Makanan khas daerah dipengaruhi oleh kebiasaan makan masyarakat dan menyatu di dalam sistem sosial budaya berbagai golongan etnik di daerah-daerah. Makanan tersebut disukai , karena rasa, tekstur dan aromanya sesuai dengan seleranya. Demikian juga dengan kebiasaan makan khas daerah umumnya tidak mudah berubah, walaupun anggota etnik bersangkutan pindah ke daerah lain
Tidak semua masyarakat Indonesia menyukai makanan khas daerah dikarenakan semau orang mempunyai berbagai macam selera makanan terutama masayarakat yang sudah terbiasa dengan makanan khas daerah sendiri, maka dari itu memperkenalkan makanan khas daerah adalah suatu tantangan tersendiri

Kendala Makanan Khas

Walaupun makanan khas sekarang mempunyai tantangan di berbagai macam kendala, adapun kendalanya adalah sebagai berikut :

1. Promosi dan Pemasaran

Untuk promosi makanan khas daerah masih terbatas,  untuk sekarang ini promosi yang dilakukan usahanya terbilang konvensional yakni dari mulut ke mulut di mana kualitas produk yang menjadi jaminan

2. Kemasan Produk

Kemasan produk merupakan masalah klasik bagi untuk mengembangkan makanan khas daerah dan kebanyakan oengusaha yang membuat makanan khas daerah tidak memakai media sosial dikarenakan kemasan produk yang tidak menarik

3. Akses Pendanaan

Seperti halnya saat mulai merintis usaha, pendanaan juga penting dalam pengembangan bisnis. Untuk memodernisasi peralatan produksi dan beragam item peningkatan pemasaran dan produksi tentunya membutuhkan dana besar. Karena itu, pihaknya berharap perbankan dan pemerintah bisa lebih peduli terhadap pelaku usaha kecil yang tengah mencoba mengembangkan bisnisnya.

4. Keterbatasan SDM

Pengembangan bisnis harus ditunjang SDM yang berkualitas. Untuk merealisasikan hal tersebut diperlukan upaya pelatihan peningkatan kapasitas karena semakin banyak SDM yang digunakan maka produksi akan bertambah

5. Dukungan Pemerintah Belum Maksimal

Dukungan pemerintah berpengaruh pada pengembangan bisnis lantaran pemerintah memiliki program-program yang sejalan dengan pengembangan UKM. Sejauh ini, beberapa UKM sudah beberapa kali mendapatkan bantuan perihal pengembangan SDM melalui pelatihan, meskipun masih sangat terbatas. Pelaksanaan kegiatan tersebut juga disebutnya terkesan hanya formalitas sehingga yang dilakukan pemerintah belum maksimal

Solusi

Namun di dalam kendala tersebut terdapat solusi berikut adalah cara untuk memperkenalkan makanan khas daerah :

1. Pekan Acara Kuliner Nusantara
Pekan acara kuliner nusantara merupakan acara yang dibuat oleh pemerintah untuk memperkenalkan semua makanan khas daerah biasanya acara ini dikemas dengan acara acara hiburan sehingga menarik masayarakat untuk datang dan acara ini dbuat khusus untuk masyarakat Indonesia
2.Wonderful Indonesia
Program Wonderful Indonesia adalah program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memperkenalkan makanan khas Indonesia ke luar negeri biasanya program ini dibuat dengan mengundang chef luar untuk datang dam membuat makanan khas Indonesia sehingga membuat chef merasa tertantang
3 Kemasan Makanan Terkini
Salah satu kendala dalam  makanan khas daerah adalah kemasan makanan mungkin di dalam keadaan milenial ini kemasan makanan adalah salah satu daya tarik untuk membeli dan mencoba makanan, maka dari itu ada baiknya diadakan pelatihan untuk pembuatan kemasan
4 Sosial Media
Sosial media adalah salah satu sarana untuk memperkenalkan makanan khas daerah kepada orang banyak dan jangkauan media sosial ini dapat mencangkup khalayak luas

 

Share This Article: