Share This Article:
Makanan pedas

Makan Pedas

Mendengar makanan pedas, tentunya dapat sangat erat dikaitkan dengan negara seperti Indonesia. Negara yang kaya akan rempah-rempah memang biasanya memiliki berbagai macam hidangan yang kaya rasa dan pedas. Di Indonesia sendiri banyak sekali orang yang menyukai makanan pedas, meskipun beberapa orang justru tidak dapat mengkonsumsi makanan pedas yang terasa perih di lidah tersebut.

Bagi anda para pecinta makanan pedas, anda dapat berbahagia lho, karena ternyata makanan pedas tidak hanya menghasilkan sensasi makan yang bikin ketagihan, tapi juga memiliki segudang manfaat yang bagus bagi tubuh kita. Sebenarnya, pedas bukanlah sebuah rasa melainkan sensasi yang muncul oleh zat kimia yang disebut dengan capcaisin. Tapi jika capcaisin dikonsumsi terlalu berlebihan juga akan berbahaya nagi tubuh kita.

Untuk itu, kita harus tau manfaat dan bahaya dari mengkonsumsi makanan pedas bagi tubuh kita. Yuk simak bahasan lengkapnya!

Manfaat mengkonsumsi makanan pedas bagi Kesehatan tubuh:

  1. Menurunkan berat badan
Makanan Pedas menurunkan berat badan

menurunkan berat badan

Capcaisin yang terkandung pada cabai memiliki fungsi yaitu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa sensasi panas yang dihasilkan akan meningkatkan temperatur tubuh dan membantu tubuh kita dalam terjadinya pembakaran kalori yang lebih cepat sebanyak 8%. Studi lainnya bahkan menyatakan bahwa makanan pedas dapat menghasilkan pembakaran lemak yang optimal hingga 16 %. Capcaisin dalam cabai juga mengandung efek termogenik yang menyebabkan tubuh dapat membakar ekstra kalori selama 20 menit setelah selesai makan.

Tidak hanya itu, penelitian yang dihasilkan oleh Purdue Univesity juga menemukan bahwa capcaisin dapat mengurangi Hasrat makan makanan asin, manis, berlemak dan mengurangi rasa lapar. hal-hal tesebutlah yang membantu tubuh menurunkan berat badan. Bagaimana teman making? Menarik bukan?

  1. Menyehatkan jantung
Makanan Pedas

menyehatkan jantung

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cabai mengandung capcaisin yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mencegah terjadinya pembekuan darah.

Huffington post menuliskan bahwa capcaisin pada cabai juga terbukti efektif sebagai anti inflamasi atau sebagai ketahanan tubuh terhadap infeksi yang menyebabkan penyakit jantung.  Capcaisin tersebut membantu tubuh menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dalam tubuh. Selain itu, capcaisin juga membantu memperkuat otot jantung melalui vitamin A dan C yang terkandung di dalamnya dan juga melancarkan sirkulasi darah melalui sensai hangat yang dihasilkan.

  1. Berumur Panjang
cabai

umur panjang

Dalam sebuah penelitian besar di Cina yang melibatkan hampoir 500.000 orang menyimpulkan bahwa orang suka makan makanan pedas memiliki peluang memiliki umur yang lebih Panjang. Penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang makan makanan pedas hamper setiap hari (6-7 hari seminggu) dapat menurunkan resiko kematian sebesar 14%. Sedangkan orang yang makan pedas hanya 2 hari dalam seminggu dapat menurunkan resiko kematian sebesar 10% dibandingkan dengan orang-orang yang makan pedas hanya 1 hari dalam seminggu.

Tidak hanya itu, alasan pecinta makanan pedas memiliki peluang umur yang lebih panjang adalah karena cabai membuat mereka memiliki tingkat resiko gangguan pernapasan, kanker dan jantung iskemik yang lebih rendah.

  1. Mencegah Kanker
makan pedas

mencegah kanker

Banyak sumber yang mengatakan bahwa makan makanan pedas dapat membantu mencegah resiko kanker. Tapi apa alasannya?

Menurut American Association for Cancer Research mengatakan bahwa capcaisin yang terdapat dalam cabai dan juga dalam kunyit dapat mematikan beberapa jenis sel kanker dan juga sel leukemik.

Kandungan capcaisin juga dipercaya berkhasiat dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan banyak kasus menunjukkan bahwa sel-sel kanker mati tanpa merusak sel-sel sehat yang ada di sekitarnya. Tapi tentu saja anda harus mengkonsumsi cabai secara rutin atau terus-menerus.

Ada pula yang menyebutkan bahwa capcaisin pada cabai efektif dalam mengobati kanker payudara, pancreas dan kandung kemih. Namun mungkin hal ini hanya dapat terlaksana jika anda mengkonsumsi capcaisin dalam jumlah yang kurang masuk akal.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Mengkonsumsi cabai juga diketahui dapat meningkatkan dan melindungi system kekebalan tubuh dari penyakit yang menyerang. Manfaat ini didapatkan dengan mengkonsumsi makanan pedas seperti yang terdapat pada cabai dan paprika yang terkenal kaya akan vitamin A dan vitamin C yang tinggi.

Kedua vitamin tersebut adalah zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Itulah mengapa pecinta makanan pedas memiliki imunitas yang baik dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Meningkatkan mood
happy

menaikkan mood

Memang benar jika makanan pedas dapat membuat mata berair. Tapi jangan salah, itu justru dapat meningkatkan mood anda lho.

cabai dapat membuat kita menjadi lebih bahagia. Cabai merah yang terkandung pada makanan pedas dapat meningkatkan level endorfin dan serotonin yang dapat menghilangkan perasaan nyeri dan membuat kita menjadi lebih nyaman. Hal ini juga membuat kita siap untuk melawan stres, depresi, kecemasan dan kemarahan.

  1. Meringankan flu dan sinusitis

Capcaisin yang terkandung dalam cabai, mirip dengan senyawa yang dapat ditemukan pada obat dekongesten yang banyak digunakan untuk mengobati pilek atau sibusitis. Itulah mengapa efek yang dihasilkan pun mirip seperti Ketika anda sedang makan makanan yang pedas, hidung anda dapat tiba-tiba menjadi berair dan kemudian membantu membuka jalan napas terutama pada hidung yang tersumbat. Capcaisin yang kaya akan vitamin A juga memperkuart membrane mukus yang berperan dalam mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh (melalui hidung).

Beberapa sumber bahkan menyarankan untuk menambahkan sejumput bubuk cabai ke dalam secangkir teh hangat dan menudian diminum sambal menghidup uap hangat dari teh tersebut. Hal ini membantu anda yang sedang flu atau mengalami sinusitis untuk dapat bernafas dengan labih baik.

Bagaimana teman makang? Dengan segudang manfaat baik yang ditawarkan, sangat menggiurkan bukan untuk mengkonsumsi makanan pedas?

Share This Article: