Share This Article:
Hari Anak Indonesia: 4 Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur  Apabila ada peringatan hari ibu dan hari ayah, maka ada pula peringatan hari anak. Hari anak diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia, namun di Indonesia Perayaan Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang penuh dengan selebrasi, tahun ini dengan adanya wabah Covid-19, pemerintah menghimbau untuk semua kegiatan dilakukan di dalam rumah. Mulai dari kegiatan belajar mengajar, bekerja, dan lain-lain. Kondisi seperti ini membuat orang tua yang bekerja di kantor, sekarang jadi harus menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak, karena mereka juga harus mendampingi anaknya bersekolah secara online (terutama bagi anak-anak dengan usia dini). Sebenarnya, situasi seperti ini bisa dijadikan sebagai momen antara orang tua dan anak untuk lebih dapat meningkatkan kedekatan. Cara yang smooth untuk menjalin chemistry orang tua dan anak adalah dengan membacakan cerita sebelum tidur. Selain dapat meningkatkan kedekatan hubungan orang tua dan anak, dongeng sebelum tidur dipercaya dapat menstimulasi perkembangan otak pada anak. Berikut ini adalah kumpulan cerita dongeng sebelum tidur yang menarik untuk dibacakan ke anak tercinta:

1. Si Kancil dan Buaya

Kancil dan buaya Kisah Si Kancil dan Buaya bisa dikatakan sebagai cerita yang legendaris dari generasi ke generasi. Dongeng ini mengisahkan tentang seekor kancil yang cerdik dan sering menolong sesama binatang di hutan. Karena kecerdikan dan kebaikannya, kancil menjadi salah satu hewan yang dihormati hutan tersebut. Pada suatu hari, Kancil berjumpa dengan beberapa buaya dan membuat kesepakatan ada berita baik dari raja hutan yakni, terdapat pemberian daging kepada para buaya di sungai. Namun, ternyata itu hanyalah ide Kancil belaka. Mereka hanya digunakan sebagai alat bantuan Kancil agar dapat sampai di sebrang sungai.

2. Kisah Tikus dan Singa

Tikus dan singa

Suatu hari Tikus menjahili Singa yang sedang tidur siang dan tentu saja membuat sang singa marah hingga ingin memakannya. Namun, sang Tikus memohon untuk dilepaskan dan meminta maaf atas perbuatan nakalnya. Lalu, Singa yang merasa iba pada Tikus pun akhirnya melepaskannya. Tikus berterima kasih dan berjanji akan membalas kebaikan Singa kepadanya. Keesokan harinya, Tikus tidak sengaja mendengar suara Singa yang mengaung keras. Setelah diselidiki, ternyata Sing terjebak pada sebuah jaring yang dipasang pemburu. Tanpa ragu, Tikus pun menggigiti jaring hingga putus dan keduanya berhasil kabur dari sang pemburu.

3. Si Kelinci dan Kura-Kura

Kelinci dan kura-kura

Di sebuah hutan, terdapat Kelinci yang merasa bahwa Kura-kura sangatlah lamban dalam berjalan. Akhirnya, keduanya pun memutuskan untuk lomba lari agar bisa membuktikan kehebatan Kelinci. Kelinci merasa hebat lantaran berhasil lari lebih dulu dibanding Kura-kura yang berjalan amat lambat. Saat mendekati garis finish, Kelinci memutuskan untuk beristirahat di bawah pohon yang rindang. Kelinci berpikir bahwa Kura-kura pasti masih lama untuk bisa menyusulnya. Jadi ia memutuskan untuk tertidur sebentar hingga tak menyadari Kura-Kura telah lebih dulu sampai lebih di garis finish.

4. Semut dan Belalang

Semut dan Belalang Seekor Belalang sedang bersantai sambil bernyanyi di bawah pohon yang rindang. Ia memperhatikan gerombolan semut dari kejauhan yang sedang bekerja keras mengumpulkan bahan makanan. Sesekali Belalang mentertawakan apa yang sedang dikerjakan kawanan semut. Setelah itu, ia mendekati kawanan semut dan berkata, “Untuk apa bersusah payah mengumpulkan makanan? Toh, makanan melimpah ruah di sini,” kata Belalang. “Musim dingin akan segera tiba. Kami mempersiapkan diri agar bisa bertahan hidup,” jawab semut. Belalang tak peduli dengan apa yang dikatakan semut. Musim dingin pun tiba dan Belalang menangis karena perut yang lapar dan kedinginan. Seluruh wilayah yang sebelumnya menyediakan banyak bahan makanan, kini tak terlihat karena tertutup salju tebal. Belalang baru menyadari usaha keras yang dilakukan gerombolan semut dan menyesali kesombongannya saat itu. Bagaimana ceritanya? Apakah kira-kira buah hati anda akan terkesima dengan cerita-cerita di atas? Tips untuk membacakan cerita kepada anak yaitu bacalah dengan permainan intonasi yang menarik dan dalam tempo yang sedikit lebih lambat daripada saat kita berbicara normal, sehingga imajinasi anak dapat terstimulasi.

5. PROMO HARI ANAK, Free 1 Sweet Klapertaart 

Hari anak tak hanya bisa dinikmati dengan kebersamaan saat membacakan dongeng sebelum tidur saja, tetapi juga dengan makanan yang pastinya disukai oleh anak-anak. Manado selain terkenal dengan ayam rica-ricanya, juga terkenal dengan klapertaartnya lho! Klapertaart adalah kue yang terbuat dari susu dan kelapa muda yang rasanya manis dan lembut, sangat cocok untuk anak anak. Untuk meperingati Hari Anak ini, Makang Manado akan membagikan 1 sweet klappertaart dengan minimum pembelian Rp 100.000. Promo sampai 31 Juli 2021 Jadi… Tunggu apa lagi? Yuk, segera order dengan mengklik link di bawah ini yaa.

linktr.ee/makang.manado 

Source: https://kumparan.com/berita-hari-ini/hari-anak-nasional-10-dongeng-anak-terbaik-sebelum-tidur-1trK4Z3YZGj/full      

Share This Article: