Share This Article:

Memanfaatkan Limbah Makanan Rumah Tangga

Didalam rumah tangga kegiatan untuk makan bersama keluarga adalah salah satu momen untuk berkumpul dan bercengkrama dan terkadang menjadi salah satu momen yang spesial di dalam keluarga maka dari itu kegiatan tersebut butuh persiapan yang bagus terutama makanannya yang biasanya kita masak sendiri atau kita dapat delivery atau memesan

Ketika kita sudah selesai memakan seringkali kita lupa terhadap sisa makanan atau limbah makanan dan sudah tugas kita untuk meminimalisir limbah makanan dan kita bisa memanfaatkan limbah makanan kita menjadi berguna untuk dijadikan kebutuhan selain untuk menjaga lingkungan sekitar memanfaatkan limbah makanan juga dapat berguna bagi kegiatan kehidupan keluarga dan lingkungan dan manfaat limbah makanan rumah tangga seperti sayuran, buah-buahan, sisa makanan, kertas, kayu, dan dedaunan adalah :

1,Dijadikan Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan salah satu manfaat limbah rumah tangga yang paling nyata dan paling mudah didapatkan, sampah bekas sayuran, buah buahan dapat dijadikan pupuk kompas untuk dijadikan tanaman sehingga tidak perlu mengelurakan biaya ekstra untuk merawat tanaman

2. Makanan Untuk Peliharaan

Apabila anda mempunyai binatang peliharaan di rumah, manfaat limbah rumah tangga organik berikutnya yaitu bisa dimanfaatkan untuk makanan peliharaan seperti Kucing, Anjing, Ikan dan lain lainnya, bahkan untuk ikan limbah makanan bisa menjadi nutrisi yang bagus untuk ikan

3. Bahan Keranjinan TanganĀ 

Bahan limbah makanan bisa dijadikan kerajinan tangan yang menyenangkan dan unik contohnya batok kelapa yang bisa dijadikan perkakas dapur seperti centong, cangkir, dan berbagai peralatan bermanfaat lainnya atau kulit jeruk bali yang bisa dijadikan mainan mobil mobilan dan apabila berminat bisa anda jadikan hobi dan dijual untuk mendapatkan keuntungan

4. Memanfaatkan Sisa Susu

Sangat umum bagi kita untuk membeli lebih dari yang kita butuhkan. Sama halnya jika kita membeli susu. Namun Anda tidak bisa membiarkan susu Anda menjadi mubazir. Padahal dengan susu, Anda bisa membuat pannacota, puding, dan sebagainya untuk menghindari pemborosan dan juga susu berguna bagi yang sudah berumur lansia

5.Menggunakan kembali daun teh setelah disaring

Jangan membuang daun teh yang tersisa di ayakan setelah menyaringnya. Daun teh adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk tanaman Anda.Mereka bertindak sebagai pupuk yang sempurna untuk tanaman pot. Simpan saja di bawah sinar matahari selama 2-3 hari, dan campur dengan tanah.

6. Panggang pisang yang terlalu matang

Jika tidak dikonsumsi cepat, pisang menjadi buruk dalam waktu singkat. Namun, mereka tidak harus dibuang. Jika mereka menjadi terlalu lunak dan lembek dengan tambalan-tambalan yang gelap, tidak ada salahnya untuk memanggangnya bersama roti. Mereka juga dapat dikonsumsi dengan smoothie. Ini menghemat uang dan mencegah pemborosan.

7. Gunakan kembali keripik lama Anda

Jika Anda membuka keripik Anda namun sudah tidak krispi atau sudah alot/tidak renyah lagi, Anda tidak perlu membuangnya. Cukup masukkan keripik tersebut dalam microwave dengan daya penuh selama 10-15 detik, dan keripik akan kembali baik untuk dikonsumsi dalam waktu singkat.

8.Manfaatkan sisa roti dengan baik

Jika Anda memiliki roti tua dan kering yang tersisa, jangan dibuang. Selama tidak kedaluwarsa atau layak untuk dikonsumsi, mereka dapat dicincang, ditumis dengan bumbu untuk membuat crouton untuk salad atau sup.

9. Menggunakan kembali batang brokoli

Batang brokoli juga rasanya seperti brokoli. Mereka dapat disimpan untuk persediaan, dicincang untuk sup, semur atau sebagai lauk.Jika Anda memadukan tangkai, Anda tidak perlu mengupasnya. Jika Anda memotongnya menjadi potongan-potongan, Anda harus mengupasnya karena bagian luar tangkai dapat menjadi keras dan berserat.

10. Gunakan lobak hijau dan wortel

Sayuran hijau ini tidak boleh dibuang ke kompos atau di tempat sampah. Sebaliknya, mereka harus dimasukkan ke dalam masakan Anda. Karena mereka bisa pahit, Anda tidak boleh memakannya mentah.Tetapi mereka bekerja sangat baik ketika dimasak, atau ketika dipasangkan dengan keasaman, garam dan sedikit rasa manis dalam resep pesto.

11. Gunakan freezer

Pembekuan adalah metode kuno untuk menyimpan makanan. Jika Anda memiliki sisa makanan yang Anda curigai tidak akan dapat dimakan sebelum memburuk, Anda dapat memasukkannya ke dalam freezer. Hal yang sama berlaku untuk sebagian besar bahan, karena kebanyakan dari mereka juga membeku.

12. Masak bahan dengan umur simpan lebih pendek terlebih dahulu

Sayuran berdaun atau sayuran yang memiliki kandungan air tinggi memiliki umur simpan lebih pendek, jadi Anda harus memasaknya lebih awal di minggu ini. Di sisi lain, sayuran keras seperti brokoli, wortel, dan kentang bisa bertahan lebih lama, sehingga Anda bisa menyimpannya di akhir minggu.

Khusus untuk buah buahan ada beberapa bagian buah buahan yang khusus dapat didaur ulang dan kaya manfaat, berikut daftar buah buahannya :

1. Kulit Jeruk

Selain untuk kecantikan,kulit jeruk sangat ampuh digunakan sebagai penangkal semut alami. Kulit jeruk mengandung sebuah jenis minyak tertentu yang dapat mengusir semut.caranya adalah meletakkan beberapa kulit jeruk di kebun jika ingin membasmi hama semut. Namun, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah memblender kulit jeruk dengan air dan kemudian menyiram campuran ini di sekitar sarang semut. Tak lama, semut pun akan segera pergi meninggalkan kebun

2. Kulit Pisang

Selain untuk menerunkan berat badan Menurut sebuah studi di tahun 2013, rata-rata ada sekitar 40 juta ton kulit pisang yang dibuang setiap tahunnya di seluruh dunia. Hal tersebut sangat disayangkan karena ternyata kulit pisang bisa digunakan untuk memoles sepatu kulit.Tidak hanya itu, kulit pisang juga merupakan pengganti yang bagus untuk perban. Itu karena, kulit pisang mengandung banyak kalium yang memiliki fungsi penyembuhan.

Gunakan kulit pisang untuk menggosok luka, maka kamu akan melihat sendiri bahwa luka pada tubuhmu bisa sembuh dengan lebih cepat. Namun, jangan gunakan kulit pisang pada luka terbuka.

3 Roti Kadarluwarsa

Kebanyakan orang tahu bahwa roti yang telah kedaluwarsa dapat dibuat menjadi remah roti atau yang dikenal dengan tepung panir. Namun, ternyata roti kedaluwarsa juga bisa digunakan sebagai penghapus, lo.

Saat kamu menemukan goresan atau noda pada dindingmu, kamu bisa menggunakan sepotong roti kedaluwarsa untuk menghilangkannya.

Cara pertama yang dilakukan adalah, pisahkan kulit roti dengan daging roti. Setelah itu, gosokkan daging roti ke bagian dinding yang rusak, maka noda atau goresan yang ada di dindingmu pun akan segera hilang.

4. Kulit Bawang Bombai

Kulit bawang bombai ternyata penuh dengan nutrisi. Kulit bawang ini mengandung pigmen dari tanaman yang dapat membantu menurunkan tekanan darahmu.

Selain itu, kulit bawang juga memiliki efek antiinflamasi, dan memastikan bahwa arterimu tidak tersumbat. Meskipun tidak bisa dimakan, kamu tetap masih bisa membuatnya menjadi kaldu, atau menambahkan pada sup dan semur.

Dengan begitu, kamu tidak hanya membuat hidanganmu menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih enak!Itu karena kulit bawang dapat memberikan rasa yang begitu kaya.

Namun, pastikan kamu telah mengeluarkannya dari kaldu, sup, atau semur, sebelum kamu menyajikan hidanganmu di meja makan.

Sumber :

  1. https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-limbah-rumah-tangga/
  2. https://sharingconten.com/cara-membuat-kerajinan-dari-batok-kelapa/
  3. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3951183/dianggap-sampah-bagian-makanan-ini-ternyata-kaya-manfaat
  4. https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-limbah-rumah-tangga/
  5. https://www.liputan6.com/on-off/read/4315366/10-tips-memanfaatkan-sisa-makanan-untuk-mengurangi-limbah
Share This Article: