Share This Article:

Mendengar kota Manado pastinya hal pertama yang muncul di benak masyarakat adalah wisata yang indah dan kuliner yang lezat. Wisata Manado memang merupakan salah satu wisata yang paling diperhitungkan di Indonesia. Keindahan alam yang alami memancing turis lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya, sebut saja Bunaken, pulai Siladen, pulau Manado Tua dan wisata indah di pesisir pantai lainnya.

Tidak hanya wisata keindahan alam, makanan khas Manado pun tidak boleh sampai terlewatkan oleh para wisatawan. Kenapa? Karena Manado kaya akan kuliner tradisional yang beragam. Tidak hanya pengolahan dan penyajian yang unik, rasanya pun sangat lezat. Berikut beberapa kuliner halal wajib Manado terbaru yang harus kamu cicipi.

  1. Bubur Manado/Tinutuan
Bubur Manado/Tinutuan

Kuliner Bubur Manado/Tinutuan

Dilihat dari namanya, bubur Manado merupakan salah satu kuliner yang paling terkenal. Tinutuan atau Bubur merupakan santapan wajib di Manado. Lain daripada bubur pada umumnya, bubur manado diolah dengan menggunakan beras, jagung, labu, ubi dan sayuran sehingga terasa ringan namun mengenyangkan.  Umumnya masyarakat Manado mengkonsumsi tinutuan pada pagi hari dan dapat ditemukan hampir di seluruh pelosok Manado.

2. Cakalang Fufu

ikan cakalang fufu cakalang asap

Cakalang fufu/Cakalang asap

Cakalang fufu atau cakalang asap tidak asing di telinga masyarakat. makanan khas Manado satu ini sudah sangat akrab di lidah sebagian besar penduduk Indonesia terutama karena biasanya diolah menjadi masakan penuh rempah dan pedas.

Cakalang fufu berasal dari ikan cakalang segar yang diasapi terlebih dahulu sehingga menambah cita rasa ketika selanjutnya akan dimasak.

3. Dabu-dabu

dabu-dabu

sambal dabu-dabu khas Manado

Pecinta masakan Manado pasti sangat familiar dengan sambal satu ini. Dabu-dabu merupakan sambal khas Manado yang sangat pedas dan segar.

Terbuat dari cabai, tomat, daun jeruk, jaruk nipis serta bawang merah menjadikan sambal satu ini sangat berwarna dan terlihat segar. umumnya sambal yang satu ini selalu dipasangkan dengan ikan bakar sehingga menghasilkan rasa yang lebih nikmat jika dimakan bersamaan.

4. Sambal Roa

kuliner manado sambal roa

kuliner khas manado sambal roa

Siapa yang tidak pernah mendengar nama sambal satu ini. Sambal satu ini memiliki wangi yang sangat khas.

Bagaimana tidak, sambal satu ini terbuat dari ikan terbang yang diasap hingga kering. Selanjutnya ikan yang sudah kering dihaluskan dan dicampur menjadi satu dengan sambal yang terbuat dari cabai, bawang putih, bawang merah, tomat, garam dan gula kemudian  digoreng dengan minyak hingga matang dan wangi.

Tidak heran dengan kepopuleran rasa dan wangi yang khas membuat sambal ini banyak diproduksi bahkan di luar Manado. Apalagi sambal roa dapat dipasangkan dengan makanan apapun seperti bubur, gorengan dan bahkan pendamping lauk sehari-hari.

5. Woku Belanga

ikan woku woku belanga

kuliner Manado woku belanga (ikan woku)

Woku berasal dari daun woka yaitu sejenis daun lontar yang biasa digunakan untuk membungkus nasi. Seiring berjalannya waktu, woku kini dimasak di wajan atau yang disebut belanga.

Masakan woku merupakan santapan pedas yang dimasak dengan bahan utama ikan atau daging ayam. Pembuatannya tidak terlalu sulit dan memiliki aroma khas. Aroma tersebut dating dari bahan rempah seperti jahe, daun jeruk dan daun pandan. Maka dari itu, resep woku ini sering dibuat di rumah.

6. Nasi Kuning

nasi kuning manado

nasi kuning khas manado

Mungkin nama nasi kuning sudah sangat sering kita dengar sehari-hari. Tapi nasi kuning khas Manado ini berbeda dengan nasi kuning biasa.

Nasi kuning khas Manado memiliki pelengkap seperti irisan ikan cakalang, irisan daging sapi yang sudah diolah kemudian telur rebus serta ditaburi dengan bumbu-bumbu lainnya.

Selain pelengkapnya yang berbeda, penyajiannya juga unik. Nasi kuning Manado disajikan diatas atau dibungkus dengan daun woka.

7. Klappertaart

makanan khas manado klappertaart

makanan khas manado klappertaart

Tidak selalu berbau pedas dan makanan berat, Manado juga memiliki hidangan ringan bernama klappertaart. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa ini salah satu makanan khas Manado hasil peninggalan Belanda yang artinya ‘kue kelapa’.

Berbahan dasar kelapa, telur, susu, tepung dan mentega, tidak heran kalau rasa yang dihasilkan sangat gurik dan enak terutama jika disantap dalam keadaan dingin. Seiring berjalannya waktu, klappertaart mulai memiliki berbagai varian, sebut saja keju, coklat dan lain-lain.

Share This Article: