Share This Article:

Indonesia adalah negara yang subur dan kaya akan tanaman rempah-rempah, oleh karena itu, masakan Indonesia terkenal kaya rempah dan menggugah selera. Berbicara mengenai tanaman rempah, tanaman ini telah dimanfaatkan manusia sebagai bumbu dapur sudah sejak lama. Namun, bukan hanya sekadar bumbu dapur saja, rempah-rempah juga merupakan kunci penting dari sejarah Indonesia, sebab tanaman ini adalah faktor yang mendorong datangnya kaum Eropa untuk berdagang dan kemudian menjadi cikal bakal sejarah dari pendudukan Belanda di Nusantara.

Pada abad ke-16, bangsa Portugis merupakan bangsa yang pertama kali sampai di kepulauan Nusantara dengan cara berlayar. Misi dari ekspedisi mereka ke Nusantara salah satunya adalah untuk menguasai perdagangan rempah-rempah.

Hingga 287 Masehi, rempah-rempah lebih banyak dimanfaatkan oleh ahli kesehatan sebagai obat tradisional dibandingkan dengan bumbu masakan. Praktisi kesehatan atau tabib di zaman itu meyakini bahwa rempah-rempah menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Saking memiliki manfaat yang bermacam-macam, nilai jual yang fantastis menjadikan tanaman-tanaman ini sebagai komoditas ekspor dengan nilai tertinggi di kala itu. Bahkan, pada abad ke 17, saat VOC berbisnis di kepulauan Nusantara, pernah terbentuk sebuah istilah dalam bahasa Belanda yaitu Peperduur” yang bermakna: Semahal Lada, karena praktik bisnis tanaman lada yang sangat lukratif.

Berikut ini adalah daftar khasiat rempah dalam masakan:

1) Bawang Putih

Bawang Putih

Secara umum, bumbu dapur ini merupakan elemen yang wajib hadir pada setiap masakan, khususnya masakan Indonesia. Penggunaan bumbu dapur ini bertujuan untuk memberi aroma khas yang menyedapkan masakan. Tak hanya itu, bawang putih juga memberi rasa yang menggugah selera.

Menurunkan Kadar Kolestrol  

Tidak hanya dikenal aroma dan rasanya, bawang putih juga terkenal dengan khasiat kesehatannya. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Masyarakat Universitas Oxford, konsumsi suplemen bawang putih pada kadar terntentu terbukti dapat mengurangi 10 hingga 15 persen kadar kolesterol pada tubuh manusia, yang berarti, khasiat rempah ini mampu untuk membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Sebagai Sumber Nutrisi

Bawang putih tergolong dalam keluarga allium yang kaya manfaat. Nutrisi yang terkandung di dalam tanaman ini adalah vitamin C, vitamin B6 dan lain-lain. Dalam 3 gram bawang putih mentah terdapat vitamin B6 2%, vitamin C 1%, Selenium 1% dari nilai kebutuhan harian, dan serat 0,6 gram. Jumlah kalsium, zinc, kalium, fosfor, zat besi dan vitamin B1 yang cukup.

Menjaga Kesehatan Usus

Species tanaman yang berada dalam keluarga allium pada umumnya bermanfaat untuk kesehatan usus karena kandungan prebiotiknya yang membantu menjaga bioma usus sehat. Sebagai tambahan informasi, manfaat terbaik dari bawang putih akan didapatkan ketika bumbu dapur ini semakin sebentar dimasaknya.

Mencegah Kanker

Konsumsi bawang putih (terutama yang mentah) secara cukup dan teratur dapat berperan sebagai agen kemo-preventif untuk mencegah kanker paru-paru. Selain itu, bawang putih mengandung senyawa anti-inflamasi (allyl sulfida) yang bermanfaat untuk melawan kanker yang telah dibuktikan oleh penelitian untuk menekan laju pertumbuhan sel kanker.

2) Kunyit

Kunyit

Bumbu ini sering sekali dijumpai pada masakan Indonesia seperti soto, gulai, ayam woku, dan nasi kuning. Tidak hanya melezatkan, khasiat rempah ini beragam, seperti yang ada di bawah ini:

Meningkatkan Imun dan Daya Tahan Tubuh

Senyawa curcumin yang terdapat oada kunyit besifat antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan dapat membantu melawat bakteri, dan virus sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Imun tubuh merupakan gerbang dari segala penyakit. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kunyit memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Nyeri saat Menstruasi

Bahan aktif curcumin yang ditemukan dalam kunyit memiliki kualitas yang tinggi. Studi juga membuktikan bahwa kandungan zat aktidf ini membantu untuk pencegahan dan pengobatan endometriosis. Molekul- molekul dalam kunyit dapat menghilangkan rasa sakit bagi mereka yang menderita kram perut atau nyeri perut saat menstruasi. Oleh sebab itu, di pasaran banyak ditemui jamu kunyit yang dipercaya untuk meredakan nyeri haid.

Menetralkan Radikal Bebas

Antioksidan yang terkandung dalam kunyit terbukti mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Curcumin adalah jenis senyawa antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu, karena curcumin dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh Anda, maka senyawa ini memblokir radikal bebas secara langsung, kemudian merangsang pertahanan antioksidan tubuh Anda sendiri

3. Lada

Biji Lada Putih dan Hitam

Lada atau merica merupakan salah satu jenis rempah yang sering ada dalam masakan, terutama masakan Indonesia. Bentuknya yang bulat dan keras, membuat rempah satu ini harus ditumbuk atau dihaluskan agar rasanya lebih nge-blend dengan masakan. Lada yang umum dipakai dalam masakan adalah lada putih dan lada hitam. Keduanya memiliki aroma dan rasa yang berbeda, namun sama-sama memiliki bermacam manfaat kesehatan.

Mengurangi Inflamasi

Antioksidan yang banyak terkandung di dalam lada dikenal mampu untuk meredakan inflamasi atau peradangan. Kandungan piperin, alkaloid yang memberikan sensasi hangat dan pedas lah yang menjadi agen anti-inflamasi. Apabila anda sedang mengalami sakit tenggorokan atau batuk, konsumsi masakan berkuah yang hangat dengan kandungan lada putih akan membantu meredakan radang.

Menyehatkan Pencernaan

Selain itu, efek piperin yang telah disbutkan di atas dapat merangsang pelepasan enzim pankreas untuk meningkatkan produksi air liur untuk membantu tubuh Anda memecah makanan dengan lebih efisien.

Meningkatkan Penyerapan Curcumin

Curcumin adalah zat yang terkandung dalam kunyit dan memiliki banyak khasiat, namun, perlu diketahui bahwa manfaat curcuma dapat menjadi maksimal saat dipadukan dengan zat piperine (yang terkandung pada lada). Hal ini terjadi karena lada membantu penyerapan curcumin. Jadi, lada dan kunyit dalam masakan merupakan kombinasi yang serasi dan baik bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia, banyak sekali ditemukan masakan yang menggabungkan dua kombinasi rempah ini seperti Ayam Woku dari Manado.

4) Jahe

Jahe

Jahe dapat ditemui di berbagai resep dapur, baik itu di dalam resep menu utama, minuman, maupun camilan. Dari segi rasa, jahe memberikan sensasi pedas yang menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki segudang kebaikan untuk tubuh kita, seperti yang ada di bawah ini:

Menurunkan Gula Darah

Jahe terbukti mampu untuk membantu mengatur respons insulin pada penderita diabetes. Dengan demikian, jahe berfungsi untuk menurunkan gula darah. Walaupun tidak dapat berfungsi secara ekstrim sebagai antidot untuk diabetes, setidaknya konsumsi jahe pada kadar tertentu berperan untuk memelihara kondisi gula darah para penderita diabetes.

Mengurangi asam Lambung

Jahe masih dipercaya dapat mengurangi gangguan pencernaan karena asam lambung. Senyawa fenol yang terkandung dalam jahe dapat mengurangi iritasi saluran pencernaan dan kontraksi pencernaan walaupun secara medis belum ada penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi jahe dapat menjadi pengobatan yang ideal untuk gejala asam lambung.

Menurunkan Kadar Kolestrol

Konsumsi jahe ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Dengan mengonsumsi 5 gram jahe setiap hari selama tiga bulan dapat membantu mengurangi kolesterol LDL secara signifikan.

 

Demikian khasiat rempah yang bisa ditemui dalam bumbu masakan. Dengan mengonsumsi makanan-makanan dengan kandungan rempah di atas, kita pun turut memelihara kesehatan tubuh kita lho! Menjaga kesehatan tidak mesti dengan cara yang tidak bisa dinikmati, sebaliknya, pemilihan bumbu masakan yang kita konsumsi sehari-hari dapat memberikan kenikmatan sekaligus kesehatan.

 

 

 

 

Source:

https://tirto.id/5-manfaat-bumbu-dapur-yang-baik-untuk-kesehatan-en6X

https://resepkoki.id/manfaat-lada-putih-dalam-masakan-dan-bagi-kesehatan/

https://resepkoki.id/manfaat-jahe-dalam-masakan-dan-bagi-kesehatan/

https://resepkoki.id/manfaat-bawang-putih-dalam-masakan-dan-bagi-kesehatan/

https://resepkoki.id/manfaat-lada-putih-dalam-masakan-dan-bagi-kesehatan/

https://www.healthline.com/health/digestive-health/ginger-for-acid-reflux#benefits

https://www.vanbeekumspecerijen.nl/blogs/van-beekum-blog/waar-komt-de-uitspraak-peperduur-vandaag/

 

Share This Article: