Share This Article:

virus coronaVirus corona sudah menyebar di Indonesia terutama dari awal bulan Maret lalu hingga sekarang. Wabah ini juga berpengaruh besar pada bidang ekonomi, digital dan kesehatan. Hal ini memaksa kita untuk melakukan pencegahan virus corona agar tidak ikut terpapar dan bahkan untuk memutus rantai penularannya. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh kita untuk cegah penularan virus corona.

  1. Brokoli

 

brokoli

Brokoli merupakan makanan yang kaya vitamin A, C dan mengandung vitamin E serta antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri dan virus. Setengah cangkir brokoli mengandung 43% dari nilai vitamin C harian, menurut NIH.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sayuran ini, makanlah mentah atau hanya dimasak tidak terlalu lama agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga.

Brokoli dikemas dengan phytochemical dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

  1. Sayur Bayam

bayam

Makanan bisa cegah penularan virus corona berikutnya adalah sayur bayam. Bayam mengandung vitamin yang dilengkapi dengan antioksidan dan beta karoten yang fungsinya untuk membantu tubuh dalam melawan infeksi sistem kekebalan tubuh melawan virus jahat.

Dikutip dari alodokter.com, vitamin yang terkandung dalam sayur bayam, yakni vitamin A, C, B kompleks, E, dan K. kemudian mineral-mineral utama yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium.

Selain itu sayur bayam juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, serta kalori dan lemak yang sedikit. Teratur mengonsumsi sayur bayam akan membantu Anda dan keluarga dalam meningkatkan sistem imun sebagai pencegahan penularan virus corona.

Seperti brokoli, cara yang terbaik mengkonsumsi bayam dengan memakannya mentah atau sedikit dimasak.

  1. Jahe

Jahe

Makanan bisa cegah penularan virus corona selanjutnya berasal dari jenis rempah-rempah, yakni jahe. Kandungan alami dari jahe telah lama dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Bahkan dapat meredakan sakit kronis serta menurunkan kolesterol.

Terutama sejak Chairul Anwar Nidom, seorang peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang berhasil menemukan penangkal ampuh virus corona atau COVID-19.

Kandungan curcumin dari jahe juga bisa ditemukan pada temulawak dan kunyit, yang dipercaya sebagai bahan yang mampu menangkal virus corona.

Kemudian jahe yang juga mengandung senyawa beta-karoten dan capsaicin, berperan dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Jahe bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Jahe memiliki sifat anti-virus, yang bila dicampur dengan adas bintang dan madu dapat membantu mengendalikan efek samping. Ramuan ini bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari.

  1. Bawang putih

bawang putih

Salah satu penelitiannya adalah yang diunggah di PubMed.gov, yang di dalamnya melakukan penelitian dengan 146 sukarelawan secara acak. Dalam 12 minggu sepanjang musim dingin, orang-orang yang diberi bawang putih secara teratur tidak terlalu terserang flu.

Jika terkena infeksi mereka akan pulih dengan lebih cepat. Banyak penelitian lainnya yang menggunakan bawang putih sebagai bahan utamanya.

Banyak penelitian menyebutkan bawang putih memiliki manfaat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Bawang putih atau ekstraknya sudah terbukti dapat meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh (imunitas). Inilah kenapa bawang putih termasuk salah satu makanan yang ampuh untuk cegah penularan virus corona.

  1. Buah-buahan citrus

Makanan selanjutnya yang bisa cegah penularan virus corona adalah buah sitrus yang bisa anda coba di rumah. Sudah menjadi rahasia umum jika jenis buah-buahan ini berperan bagus untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Bukanlah sebuah rahasia bahwa jenis buah-buahan citrus kaya akan Vitamin C ini akan bertindak sebagai antioksidan yang bantu melawan radikal bebas.

Buah sitrus dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan bibit penyakit.

Jenis-jenis buah citrus ini antara lain jeruk, lemon, jeruk nipis, keprok, dan lain-lain. Jika kurang suka dengan buah sitrus, bisa tambahkan jenis sumber vitamin C lainnya. Misalnya saja buah kiwi, paprika merah dan hijau, stroberi, dan lain-lain.

  1. Ikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lemak ikan lebih berkhasiat, sehat dan aman, daripada lemak dari hewan lain. Nutrisi pada ikan sangat baik bagi tubuh dalam melawan penyakit terutama untuk cegah penularan virus corona saat ini.

Selain itu asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 mampu membantu mengurangi gejala sindrom metabolik, melawan radang, dan autoimum.

Ada beberapa ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi di dalamnya. Sebut saja salmon, tuna, dan lain-lain. Berdasarkan penelitian yang diunggah di BMJ Journals, konsumsi bahan makanan dengan kandungan asam lemak omega tiga yang tinggi secara teratur menurunkan risiko terkena rheumatoid arthritis, yakni suatu kondisi autoimun kronis yang terjadi saat kekebalan tubuh secara keliru menyerang bagian sel tubuh yang sehat.

Melansir dari hellosehat.com, American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk konsumsi ikan berlemak kira-kira dua porsi dalam satu minggu, dengan porsi sekali makan kira-kira 80 gram atau seukuran dengan satu dek kartu.

Beberapa jenis ikan berlemak yang bisa Anda coba konsumsi sebagai upaya pencegahan virus corona, seperti salmon, sarden, mackerel, herring, dan tuna.

kamu dapat memasak berbagai macam masakan ikan ataupun dapat membeli lauk siap makan sehingga praktis dan tetap sehat.

Share This Article: