Share This Article:

cabai makanan pedas

Makanan pedas merupakan makanan yang digemari oleh hamper semua orang terutama jika kamu tinggal di Indonesia. Saking banyak pecintanya, Sebagian orang tidak bisa makan tanpa menggunakan sambal atau cabai. Memang sensasi seru yang diberikan Ketika menyantap makanan pedas adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi yang mengkonsumsinya. Tidak heran jika sekarang ini  menjadi tren tersendiri sehingga banyak restaurant yang menawarkan menu-menu makanan dengan level kepedasan hingga sangat pedas.

Sebenarnya pedas bukanlah sebuah rasa namun sensasi yang di timbulkan oleh zat bernama capcaisin yang terkandung pada cabai yang digunakan pada masakan. Capcaisin sendiri merupakan zat yang memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh kita sebut saja vitamin A dan C serta kandungan baik lainnya. Namun, ada perkataan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik lho teman makang dan justru dapat menimbulkan sesuatu yang tidak baik bagi tubuh kamu. Agar tidak berlebihan, yuk simak beberapa bahaya jika mengkonsumsi makanan pedas berlebihan:

  1. Diare
cabai diare

diare

Cabai mengandung capcaisin yang menimbulkan efek panas atau rasa terbakar. Manusia memiliki ketahanan dan toleransi pedas yang berbeda-beda. Meskipun tidak melukai system pencernaan anda secara langsung, namun sensasi pedas dari capcaisin dapat memicu gangguan lainnya termasuk gangguan pada pergerakan usus manusia untuk bergerak semakin cepat. Hal inilah yang alasan kenapa makanan pedas dapat menyebabkan diare.

Memang tidak semua orang akan terkena diare jika makan makanan pedas berlebihan karena ketahanan manusia terhadap sensasi pedas berbeda-beda. Beberapa orang dapat memakan makanan yang tergolong sangat pedas dan baik-baik saja, namun Sebagian orang lainnya mungkin tidak dapat menahan sensasi pedas yang berlebihan.

  1. Gastritis akut
cabai gastritis akut

gastritis akut

Jika kalian terlalu sering dan berlebihan dalam mengkonsumsi cabai, maka akan menyebabkan rapuhnya permukaan lambung yang mengakibatkan lambung menjadi mudah terluka. Itulah mengapa mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat memicu terjadinya gastritis atau maag akut.

Gastritis merupakan kondisi dimana lambug mengalami peradangan atau kondisi meradangnya mukosa lambung. Konsumsi makanan pedas berlebihan dapat memicu saraf tertentu untuk bereaksi (termasuk menghasilkan rasa nyeri). Semakin berlebihan kalian mengkonsumsinya, akan semakin memperburuk peradangan mukosa lambung kalian pula.

Maag atau gastritis biasanya ditandai dengan gejala seperti sakit perut, mual, muntah, sendawa, hingga kehilangan nafsu makan.

  1. Refluks asam
cabai refluks asam

refluks asam

Bagi Sebagian orang, makan makanan pedas memang bukanlah pilihan terutama bagi mereka yang memiliki Riwayat penyakit refluks asam. Mengapa? Karena makanan pedas dapat memicu terjadinya refluks asam.

Refluks asam sendiri merupakan suatu kondisi dimana kadar asam pada lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Jika asam lambung sudah mencapai kerongkongan, maka dapat memicu sindrom Gastroesophageal Reflux Disease atau yg disebut GERD, luka pada kerongkongan atau yang disebut esofagitis, ataupun atypical syndrome. Jika sudah seperti ini, tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari kalian.

  1. Menurunkan sensitivitas lidah
cabai menurunkan sensitivitas lidah

menurunkan sensitivitas lidah

Terlalu berlebihan dalam makan makanan pedas dapat menurunkan sensitivitas lidah anda lho teman makang. Biasanya, Ketika seseorang sudah mencicipi makanan dengan level kepedasan tertentu, indra pengecapnya akan menginginkan makanan dengan level kepedasan diatasnya lagi. Mereka mungkin merasa bahwa setelah makan makanan pedas tersebut, maka indra pengecapnya menjadi lebih kebal dan membutuhkan level kepedasan yang lebih tinggi lagi.

Eitss, tapi apakah benar faktanya seperti itu?

Sebenarnya semakin seseorang mengkonsumsi cabai secara berlebihan, maka akan menyebabkan indra pengecapnya terluka lho teman makang. Jadi bukan karena lebih kebal. Jika Kebiasaan ini dibiarkan secara terus menerus, maka dapat megurangi sensitivitas dari indra pengecap kita. Dan jika terus diabaikan, bukan tidak mungkin akan menghilangkan kemampuan indra pengecap secara permanen.

Untuk itu, makanan pedas tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya teman makang dapat mencampurnya dengan lauk lain sehingga melindungi indra pengecap kita.

  1. Menurunkan nafsu makan

 

cabai menurunkan nafsu makan

menurunnya nafsu makan

Mengkonsumsi cabai secara berlebihan dapat mengakibatkan menurunnya nafsu makan seseorang lho.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mengkonsumsi cabai secara berlebihan dapat membuat lidah terluka yang seringkali disangka sebagai kebas lidah. Kemudian, jika sensitivitas lidah menurun menandakan bahwa lidah menjadi kebas terhadap rasa-rasa lainnya pula seperti asam, asin dan sebagainya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan berkurangnya nafsu makan.

Nah, bagaimana? Kalian pastinya tidak mau hal seperti ini terjadi juga kan teman makang?

  1. Insomnia
cabai insomnia

insomnia

Sulit tidur pada malam hari dapat diakibatkan jika kalian makan makanan pedas secara berlebihan lho teman makang. Bagaimana bisa?

Meskipun efeknya tidak langsung dirasakan, namun jika mengkonsumsi secara berlebihan, dapat mengakibatkan kamu memiliki insomnia. Insomnia sendiri sering dikaitkan dengan kemampuannya meningkatkan suhu atau temperature tubuh setelah makan makanan pedas. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam The International Journal of Psychology menunjukkan bahwa bahaya makan pedas dapat melukai perut dan mengaktifkan hormone kimia yang bisa membuat kamu terjada di malam hari dan membuat kamu sulit tidur atau mengalami insomnia.

  1. Perut mulas
cabai perut mulas

perut mulas

Perut mulas biasanya dirasakan setelah makan Ketika kamu makan cabai secara berlebihan. Walau terlihat wajar dan sudah biasa, namun jika diabaikan terus menerus bisa berbahaya bagi tubuh.

Makan cabai dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare. Saat makanan pedas sampai pada usus besar, efek iritasi yang ditimbulkan dapat langsung terasa itulah yang menyebabkan perut terasa nyeri. Kemudian tubuh akan mengirim air lebih banyak ke usus, sehingga memudahkan feses keluar dari usus besar.

  1. Iritasi usus
cabai iritasi usus

iritasi usus

Usus merupakan salah satu bagian dalam tubuh yang dapat dikatakan sebagai organ yang sensitive. Itulah mengapa ketika kamu mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak atau secara berlebihan, maka gangguan pada usus mungkin akan sulit untuk kamu hindari dan mengakibatkan iritasi.

 

Itulah beberapa bahaya makan makanan pedas secara berlebihan. Tapi teman makang tenang saja, jika mengkonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan, makanan pedas justru memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh kamu kok. Untuk itu teman makang harus bijak dalam mengkonsumsi makanan pedas ya, agar menjadi lebih sehat dan bukannya justru menimbulkan penyakit.

Share This Article: