Share This Article:

Hanya ada dua kata yang menggambarkan cita-rasa kuliner Indonesia yaitu “NIKMAT” dan “PEDAS”. Anda tidak perlu memilih salah satu, ingin makanan yang nikmat saja atau pedas saja karena anda bisa dapatkan keduanya sekaligus.

Jangan heran, sebab dari Sabang sampai Merauke pasti ada masakan khas daerah yang pedas dan bikin kalian lapar,
seperti makanan makanan pedas di bawah ini:

1. Mie Aceh

Mie asal Aceh ini cukup unik karena merupakan hasil dari pengaruh budaya India (dalam penggunaan bumbu karinya) serta budaya Tiongkok (dalam penggunaan mie-nya). Tak hanya beraroma rempah, rasa makanan ini pada umumnya pedas dan bikin ketagihan lho!

Jenis mie yang lumrah digunakan untuk hidangan ini adalah mie yang tebal dan berwarna kuning, namun, jenis protein yang dikombinasikan dengan mie Aceh ini beragam. Ada yang menggunakan daging sapi, daging kambing, makanan laut (seperti udang dan cumi) bahkan kepiting utuh sebagai variasi menu.
Dari segi cara memasak, Mie Aceh tersedia dalam tiga jenis yaitu Mie Aceh goreng (digoreng kering), Mie Aceh Tumis (dengan sedikit kuah) dan Mie Aceh Kuah (sup).

Di samping itu, kondimen yang biasa hadir untuk dinikmati bersama hidangan ini adalah bawang goreng, acar bawang merah dan mentimun, serta jeruk nipis. Kira-kira, sudah terbayang belum kelezatannya?

Mie Razali, salah satu kedai Mie Aceh yang paling terkenal di Aceh

Mie Razali, salah satu kedai Mie Aceh yang paling terkenal di Aceh.

2. Rendang Khas Minangkabau

Dua kali mendapat predikat Makanan Terbaik Nomer Satu di Dunia pilihan pembaca CNN Travel tahun 2017, hidangan ini sudah tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Kelezatannya yang telah mendunia bahkan menarik Chef kondang dunia Gordon Ramsay untuk membuat konten acara masaknya langsung di daerah asal rendang, Sumatera Barat. Makanan khas Minangkabau ini cenderung pedas, tetapi level pedasnya  medium sehingga masih cocok dinikimati anak-anak.

Rendang berasal dari Minangkabau, Sumateraa Barat, terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan, cabai, dan rempah-rempah selama kurang lebih 8 jam (untuk hasil terbaik).
Keunikan dari rendang adalah hidangan ini dapat bertahan hingga 1 bulan di suhu ruangan dan konon katanya, semakin sering hidangan ini dipanaskan, maka akan semakin lezat lho.

Chef Gordon Ramsay membuat kreasi hidangan Omelette dengan menggunakan Rendang

3. Balado Khas Minangkabau

Balado merupakan bumbu olahan khas Minangkabau yang mengombinasikan cabai merah giling dan rempah-rempah lain seperti bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis.
Walaupun bahan-bahannya terkesan sederhana, tetapi rasa dan tampilannya yang merah meriah sangat menggugah selera. Bumbu ini juga serba guna karena bisa dipadukan dengan berbagai macam sumber protein seperti telur, ayam, ikan, bumbu balado pun sempurna dipadukan dengan sayuran seperti terong. Tidak hanya itu, bahkan oleh-oleh khas Minang pun, Kripik, juga menggunakan bumbu balado.

Telur Balado


Keripik Singkong Balado merk Christine Hakim

4. Seblak Khas Bandung

Ditilik dari asal katanya, nyeblak atau membuat terkejut, karena rasanya yang pedas dan kaya rempah. hidangan Sunda yang terbuat dari kerupuk yang dimasak dengan aneka protein (seperti: telur, ayam, ceker ayam, bakso, seafood, atau daging) dengan menggunakan bumbu yang pedas. Selain itu, aroma kencur yang khas, membuat hidangan ini terasa lezat.
Hidangan seblak ini adalah streetfood yang ramai ditemui di daerah Bandung.

Food Vlogger, MGDALENAF Meliput sebuah kedai Seblak di Bandung

5. Mangut Lele khas Semarang

Mangut lele merupakan menu khas dari daerah “Mataraman” dan Semarang-Kendal. Sesuai dengan namanya, komposisi utamanya adalah lele goreng, yang diberi bumbu mangut yang mengandung banyak cabai. Sensasi gurih kental dari santan dan asam dari tomat, semakin membuat lidah bergoyang.

Sebenarnya bukan hanya lele, di berbagai kedai mangut, ada berbagai jenis hidangan laut yang dimasak dengan bumbu ini seperti kepala ikan manyung, ikan pari asap, dan lain-lain. Banyak yang mengatakan bahwa mangut lele ini merupakan makanan yang pedas sekali. Jadi, jika anda tidak toleransi terhadap rasa pedas, lebih baik jangan coba-coba! 🙂

Mangut Lele

Mangut Lele

6. Oseng-oseng Mercon Khas Jogja

Bagi para pencinta kuliner, mungkin anda familiar dengan makanan ini. Mercon (bahasa jawa dari petasan), dari kata itu saja sudah membuat kita membayangkan sensasi pedasnya makanan ini bisa meledak-ledak di mulut bagaikan memasukan petasan ke mulut anda. Betapa tidak, untuk 10 kilogram tetelan sapi, cabai yang digunakan minimal setengahnya 5 kilogram. Komposisi yang luar biasa menggetarkan imajinasi anda dan mungkin sebagian dari kita tertantang untuk mencobanya. Walaupun begitu, apabila makanan ini hanya menjual gimmick pedas, tidak mungkin makanan ini ramai penggemar, sebab bumbu-bumbu yang digunakan pun juga strong sehingga membuat orang terus-menerus merekomendasikan makanan ini.

Oseng-Oseng Mercon Daging Sapi khas Yogyakarta

Oseng-Oseng Mercon Daging Sapi

7. Penyetan khas Jawa Timur

Salah satu alternatif menu makan siang yang lumayan mudah ditemui di mana-mana. Makanan khas Jawa Timur ini disebut penyetan karena ayam yang digunakan digoreng dan digeprek hingga hancur bersama dengan sambal yang sangat pedas.
Saking nikmatnya, kuliner ini dapat dijumpai di penjuru dunia lain seperti di beberapa tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Australia lho!

Ayam Penyet

Ayam Penyet

Kedai Ayam Penyet di Melbourne, Australia Ayam Penyet Ria di Melbourne, Australia

Makanan Terbaik Nomer Satu di Dunia pilihan pembaca CNN Travel tahun 2017

8. Ayam Taliwang Lombok

Ayam Taliwang adalah ayam bakar pedas yang terkenal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama ‘Taliwang’ diperoleh dari nama sebuah daerah di kawasan Mataram (Kampung Karang Taliwang), tempat di mana makanan ini berasal. Hidangan ini sangat banyak dicintai oleh para penggila makanan pedas lho. Jadi, apabila ada berkesempatan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, sangat wajib hukumnya untuk mencoba langsung Ayam Taliwang di kedai-kedai setempat.

Ayam Taliwang khas Lombok, Nusa Tenggara Barat

Ayam Taliwang khas Lombok, NTB

9. Ayam Betutu Bali

Saat mengunjungi pulau Bali, masakan satu ini mungkin menjadi satu menu yang tak boleh dilewatkan oleh para wisatawan. Ayam Betutu merupakan menu makanan Bali yang sangat populer. Selain ayam betutu, ada juga menu ungags lain yaitu bebek betutu.
Secara etimologi, Kata ‘betutu’ berasal dari kata ‘tunu’ yang berarti bakar dan kata ‘be’ yang berarti daging. Secara harfiah, betutu berarti daging yang dibakar. Ayam atau bebek utuh dimarinasi dengan bumbu khas Bali yang bernama bumbu ‘base genep’ yang merupakan campuran dari aneka rempah-rempah seperti bawang merah, terasi, cabai rawit, daun limau, daun salam, minyak kelapa, kunyit, lengkuas, jahe, serai, gula merah, kencur, kemiri, dan bawang putih, merica hitam, cengkih, merica putih, tabia bun, ketumbar, kemiri, pala, kemenyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut. Bumbu pun dimasukkan ke dalam rongga abdomen ayam atau bebek. Setelah dilumuri, daging pun siap dibakar atau direbus hingga wangi. Pasti sensasi rasa dan aromanya sangat kaya yah!

Ayam Betutu khas Bali

Ayam Betutu Khas Bali

10. Rica-Rica Manado

Rica-rica atau terkadang sering pula disebut Rica adalah jenis bumbu pedas dan berempah yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Dapat dikatakan bahwa, apabila ada yang bertanya, apa hidangan yang paling terkenal dari kota ini, kemungkinan besar yang terlintas adalah Rica-rica. Dari namanya saja sudah ‘Rica’ yang berarti cabai (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia), sudah pasti masakan ini rasanya pedas. Kombinasi berbagai jenis cabai seperti cabai rawit, cabai keriting, dan cabai besar, serta rempah-rempah aromatik lainnya seperti serai dan daun kemangi merupakan kunci dari kelezatan hidangan ini. Bumbu rica-rica ini terkenal karena sifatnya yang serbaguna, alias dapat dikombinasikan dengan berbagai macam sumber protein mulai dari ayam, daging, dan berbagai macam hidangan laut. Bagi para pencinta masakan pedas, hidangan ini pasti bikin kalian menangis dari pori-pori dan ga berhenti tambah nasi…

Ayam Rica-Rica Manado

Ayam Rica-Rica Manado

Demikianlah 10 makanan pedas rekomendasi dari kami.

 

Source:
https://en.wikipedia.org/wiki/Mie_aceh

10 Makanan Pedas Asli Indonesia ini Wajib Dicoba!

https://www.idntimes.com/food/diet/aida-fajriyatin-formaningrum/nagih-ini-9-makanan-super-pedas-favorit-tiap-daerah-di-indonesia-c1c2/9
https://edition.cnn.com/travel/article/world-best-foods-readers-choice/index.html
https://web.archive.org/web/20121015023557/http://www.thejakartapost.com/news/2007/04/26/famed-039ayam-taliwang039-makes-mouths-water.html
https://bisikan.com/resep-dan-cara-membuat-ayam-taliwang-khas-ntb-yang-pedas-dan-nikmat
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200417163338-262-494615/ayam-betutu-sajian-ritual-hingga-jadi-hidangan-ikonik-bali
https://kbbi.web.id/rica

Share This Article: